Selasa, 06 September 2016

umum

Ada 700 jemaah asal Indonesia berangkat haji pakai paspor Filipina

Ada 700 jemaah asal Indonesia berangkat haji pakai paspor Filipina
Jemaah haji tawaf di Masjidil Haram. 
Merdeka.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memperkirakan jumlah WNI yang berangkat menunaikan ibadah haji di Arab Saudi menggunakan paspor Filipina bisa mencapai 500-700 orang.

"500-700 diperkirakan WNI jemaah haji Indonesia dengan paspor Filipina telah berangkat, dan sekarang sedang di Arab Saudi," kata Yasonna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9).

Yasonna menyebut ratusan WNI itu kembali menjadi korban dari mafia perjalanan. Penyebabnya, adalah karena keterbatasan kuota haji Indonesia. Sedangkan kuota haji Filipina banyak yang tidak terpakai.

"Mereka korban mafia-mafia yang juga akibat keterbatasan kuota haji kita," terangnya.

Pemerintah sudah berkoordinasi dengan Presiden Filipina, KBRI Filipina dan Kemenag untuk mencari solusi penyelesaian. Yasonna mengatakan telah terbentuk kesepakatan agar WNI yang menjadi korban penipuan travel nakal untuk langsung dipulangkan ke Indonesia.

"Jadi treatment kita kepada mereka dan kerja sama dengan Filipina baik sekali. Bahkan presiden kita sekarang di China bersama Duterte (Presiden Filipina) membicarakan penanganannya," terangnya.

"Jadi sekarang kami sedang koordinasi dengan teman-teman KBRI, Kemenag, untuk yang 500 ini. Jangan sampai lagi dikirim ke Filipina. Kesepakatan dengan Filipina, biarlah mereka direct ke Indonesia," sambung Yasonna.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Blog Saya